tutorial cara menginstal windows XP/Vista dari USB

Sekarang ini notebook mulai tersisih dengan adanya Netbook, dengan ukuran yang lebih kecil(imut),ringan, dan harga yang relatif lebih murah dari notebook, Netbook menjadi alternatif bagi kita semua,seperti Aspire One dari Acer, Lenovo S9& S10, Pico dari Axioo, dan masih banyak lagi produk berbasis processor Atom ini dipasaran.

Perlu anda ketahui salah satu kekurangan dari product ini adalah tidak adanya CDRom yang include di dalamnya,dan anda tahu sendiri harga CDRom External di pasaran, harganya menjulang tingggi(Rp500Ribu keatas)itupun belum dapat dipastikan bahwa CDRom EXternal anda support untuk instalasi(Bootable)dan dikenali bios netbook anda, kalau tidak maka sangat sulit untuk dapat menginstall ulang netbook anda apabila suatu saat system anda rusak.
untuk alternatif dari semua itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial menginstall windows XP dan vista dari USB Flasdisk.

Persiapan yang di perlukan
1. 1 unit komputer yang mempunyai CDROm, bisa menggunkan notebook, atau pun PC. Dan tak kalah penting, Unit komputer anda benar-benar terbebas dari virus, CDrom dapat membaca dengan baik. Karena ini poin penting dari keberhasilan anda membuat windows installer with USB. pastinya 1 buah USB Flashdisk (min 1giga) 512 sebenarnya bisa cuman anda harus mengedit sorce windows anda menggunakan NLite,bagi yang mahir sih tidak ada masalah but buat yang pemula, malah ruwet ( kayak penulis, tambah bingung gak jadi-jadi he..he :P)
2. Persiapkan CD Windows XP/ Vista (lebih baik yang OEM, kalau tidak ada bajakan juga boleh, but resiko ditanggung penumpang🙂 )
3. Download 3 File yang diperlukan antara lain PE to USB, USB prep8, bootsect,anda bisa mendownloadnya di sini:
PE to USB Download
USB Prep8 Download
Bootsect Download
4. bila semua persiapan diatas sudah anda penuhi, Exstak ketiga file yang sudah anda download, jangan lupa tancapkan usb flashdisk anda pada komputer
5. buat Folder baru, beri nama boot (atau terserah anda yang penting gampang menurut anda), bila telah selesai, copy paste file hasil exstrakan tadi ke dalam satu folder yang telah anda buat tadi(kalau penulis buat folder “boot”)bila sudah masukkan folder tadi ke Local Disk C: komputer anda( agar nanti saat membuka C:>(promt) lebih mudah).
6.masuk di directory “boot” anda tadi doble klik file Usb_prep8.cmd, maka akan muncul Command promt seperti gambar di bawah ini:7. press any key( tekan sembarang tombol) enter juga boleh🙂, maka otomatis akan membuka program PE to USB seperti gambar di bawah ini:disana akan terlihat USB device dari Usb Flashdisk anda klik “Start”ikuti petunjuk yang ada,continue? tekan yes, akan ada pertanyaan apakah anda benar-benar memformat usb flash disk anda tekan “yes” maka formating USB Flasdisk anda akan berjalan hingga muncul “Operation Completed Succesfully” Tekan “OK” jangan tutup windows dari PEtoUSB anda!!!
8. klik Start menu anda klik “Run” ketik “CMD” tekan “OK”, maka anda akan membuka windows command promt yang baru, defaultnya C:/> akan mengarah ke Documents and settings\%user account% anda, ketik “cd\” tekan “enter”, arahkan ke directory yang kita buat tadi contoh “cd boot” tekan “enter”, C:\boot>,kemudian ketik bootsect.exe /nt52 F:, F: adalah local disk USB anda berada(jadi sesuaikan dengan USB Flash disk anda).tekan “enter”maka process akan berlangsung hingga keluar keterangan ” bootcode was succesfully update on all target and volumes.” tutup windows cmd anda(tapi jangan yang awal”usb_prep8″)dilanjutkan tutup PE to USB. maka pada windows CMD anda yang pertama(usb_prep8) akan keluar tampilan seperti di bawah ini:8. tekan angaka 1 lalu enter, maka akan muncul pop up windows arahkan pada CDrom tempat berada cd windows xp/ vista anda.klik “OK”
9. angka 2 digunakan untuk memelih( membuat Virtual disk),terserah anda asal jangan local disk yang sudah terpakai(contoh yang terpakai:C,D,E,F,G, dll), biasanya defaultnya adalah T, jadi anda bisa langsung tekan angaka 3 lalu “enter”
10.isi dengan USB Flash disk anda berada (contoh Penulis F:)tekan enter
11. ketik angaka “4” tekan enter,maka proses akan berlanjut hingga ada pertanyaan tentang formating disk t: tekan “y” lalu enter
12. Setelah formatting selesai, tekan enter untuk lanjut.
13. Tekan enter lagi untuk lanjut.
14. Akan muncul box pop up, klik yes.
15. Klik yes lagi di pop up yang muncul.
16. Klik yes lagi untuk melakukan unmount virtual drive.
Dan Process pembuatan USB Windows Installer anda telah selesai. USB Flash disk andasudah dapat dipakai untuk melakukan instalasi Windows XP atau vista.
Jangan lupa setup boot manager di BIOS untuk boot dari USB.
Kemudian saat awal instalasi, pilih nomer 2 dulu untuk text mode setup. Proses akan berlanjut seperti kita instalasi Windows XP/ Vista dari CD Rom.
Setelah instalasi meminta restart pilih pilihan nomer 1 untuk melanjutkan instalasi Windows XP/ Vista anda.
Jangan cabut usb sampai instalasi selesai. Setelah Windows XP anda telah selesai, cabut USB Flasdisk anda dengan safely Removed, jangan di biasakan asal cabut😛.
Troble yang sering terjadi saat prosses pembuatan windows XP/Vista intaller with USB Flahdisk antara lain:
1. Process Instalasi gagal, ada kemungkinan pengopian source windows anda ke virtual disk, ada yang kurang, begitupun dari virtual disk ke usb anda, jadi pastikan copy- an anda benar-benar sempurna.
2. BlueScreen saat process instalasi, ada kemungkinan komputer yang anda gunakan terjangkit virus yang merusak File exe, hal ini pernah saya alami saat membuat Windows XP Support sata raid menggunkan Nlite.
3. penulis mencoba tool ini 3 kali percobaan baru memdapatkan hasil yang sempurna, pertama cd windows penulis susah dicopy nya(cylic redundancy check) , kedua coba ganti CD rom, dan yang ketiga baru benar-benar sempurna,dan ini dapat digunakan pada semua notebook yang biosnya sudah support boot dari USB, Lenovo S9 & s10, Aspire One, Pico dari axioo, Dell Latitude,Hp Compaq, Fujitsu, dan lain sebagainya, cuman penulis mencoba untuk Produk notebook Toshiba seperti Toshiba Portege M200, toshiba Tecra 9100, belum bisa support booting dari USB, tapi untuk produk Notebook Toshiba keluaran terbaru sudah ok kok🙂, mungkina ada yang mau nambahin comment disini yah, thanks semoga berguna bagi anda, tips ini saya dapat dari http://www.eeeguides.com ingin melihat tulisan aslinya Klik disini

Jl. kahuripan 173 Sidowayah – Sidoarjo
Blkng. KAMPUS I UMSIDA
Contact Person:
Indra/Yogis
Tlp: (031) 60661703, (031) 83677750
YM : Gyeezone@yahoo.com
email : reparasi@yogiez.com / marketing@yogiez.com

Kami menerima service laptop / reparasi Notebook anda info lengkap
klik disini, kami menservice semua merk Notebook/Laptop/netbook seperti Toshiba, Acer, HP, Compaq, Lenovo, Dell, bahkan merk- terbaru seperti Axioo, Anote, zyrex, dan lain sebagainya, Kepuasan anda adalah yang utama..
salam YogiezCom

5 Tanggapan to “tutorial cara menginstal windows XP/Vista dari USB”

  1. rudee sedeng Says:

    wah,, besok kalau punya netbok,, sayay akan gunain ilmu ini. makasih ya. and doain biar aq dapet rejeki.hehehe

  2. yogiez Says:

    sipp, thank 4 your comment, ada yang mau nambahin, atau sharing ilmu yang lain di sini boleh,N tambahan USB Flashdisk yang telah berhasil dibuat dapat pula di gunakan untuk PC(personal Computer) anda, yang pasti bios harus sudah support boot dari usb,jadi lebih simple,tanpa harus pake CD😛

  3. nath Says:

    thanks 4 the info…:) have a great day🙂

  4. getfreshman Says:

    thanks for infonya mantap abis. tapi saya pengen nanya bole kan🙂 dari kmrin gw bikin cd win xp sata raid buat laptop toshiba l200 ga bisa bisa.karna ga mao borosin cd kosong jd gw berhenti coba lagi.nah dari info ini gw pengen nanya apa bisa bikin usb win installer sata untuk instal di laptop l200 ga ya? mohon bantuannya ya tq…

  5. yogiez Says:

    bisa mas, dalam proses pembutan instaler xp support sata(menggunakan nlite)kita kan membuat folder berisi source windows xp yang sudah support sata, kita tinggal, mengalihkan langkah no 8 ke arah folder hasih nlite… lebih mudahnya bila kita membuat partisi khusus, untuk di isi dengan source windows hasil nlite… selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: