Tips& Tutorial upgrade bluetooth pada notebook/Laptop anda

Saat ini kata bluetooth sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bloetooth adalah salah satu peralatan nirkabel yang memudahkan kita untuk memindah data, konektifitas, dan lain sebagainya. Bloetooth sudah banyak di aplikasikan di perangkat-perangkat yang sering kita jumpai seperti Handphone, PDA, Notebook/ Laptop.

Notebook/ laptop Keluaran terbaru sudah pasti di lengkapi dengan Bluetooth internal untuk memudahkan konektifitas dengan perangkat lainnya. Tapi untuk notebook Lama ataupun notebook anda belum memiliki bagaimana mengatasinya???

saat ini sudah banyak tersedia Bluetooth USB di pasaran, anda dapat membelinya dan menggunakannya untuk koneksi anda.

Di kesempatan ini saya memberikan tips memasang/mengaplikasikan USB Bluetooth(external) di dalam laptop anda( internal). Jadi anda tidak perlu lagi melepas dan memasang USB Blotooth anda setiapkali menghidupakan laptop anda. Ikutilah Langkah- langkah di bawah ini:

1. Persiapkan dan Cek bluetooth USB Pada laptop/notebook anda. sebagai contoh saya menggunakan Bluetooth USB merk BlueSoil yang banyak beredar di pasaran. Bila Bluetooth anda dapat sudah dapat bekerja dengan baik.
2. Buka Chasing Laptop anda. Di sini Saya menggunakan Notebook Toshiba Satellite A105. Tutorial membuka Chasing Toshiba Satellite A105/A100 dapat anda Lihat “di sini”.
3. Setelah Chasing tebuka kita persiapakan dimana akan diletakkan hardware bluetooth anda. kalau di Toshiba satellite A105 saya akan menempatkannya di sisi atas, yang nantinya akan berada di bawah slot CDROM. untuk Notebook Merk dan tipe lain anda dapat sesuaikan tempatnya.
3. Dasar Modivikasi ini sebenarnya simple Kita hanya memasang Bluetooth USB anda di dalam chasing Notebook anda dan koneksinya pun hanya tinggal menyambung Port usb anda langsung ke USB Bluetooth anda.
4. setelah kita tentukan dimana tempat meletakkan Bluetoth USB anda. Kita persiapkan 4 buah kabel(lihat gambar) dan potong kabel tersebut sesuai kebutuhan.


5. Lepas Chasing penutup Bluetooth USB anda, setelah itu lepas port konektor Bluetooth USB anda. coba pasangkan pada tempat yang telah anda sediakan, atur posisinya agar tidak mengangu slot CDROM anda. bila sudah menemukan tempat yang tepat. saatnya penyambungan kabel.


6. sambungkan kabel yang telah anda persiapkan sesuai dengan urutan nomor jangan sampai terbalik kalau terbalik hardware bluetooth anda tidak akan terdeteksi(di kenali) oleh sistem komputer anda. lebih mudahnya perhatikan nomer pin konektornya.
7. pasangkan ujung kabel pada port USB Notebook anda( lihat gambar).


8. atur penempatan kabel sebaik mungkin, beri isolasi agar tidak goyang atau lepas.


9. Tutup kembali Notebook anda seperti sedia kala.
10. Coba jalankan aplikasi bluetooch anda. maka sekarang Notebook anda sudah dilengkapi dengan bluetooth Internal.

Selamat mencoba…. semoga berguna bagi anda.

“Anda Suka dengan posting disini??, anda bisa berlangganan posting di sini melalui melalui email anda,”

alamat email mu:

Delivered by FeedBurner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: